Contoh Soal Tes Potensi Akademik Numerik Dan Pembahasannya
Apa itu TPA Numerik?
Numerik adalah bagian dari tes potensi akademik (TPA) yang
digunakan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam memahami, menganalisis,
dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan angka.
Mungkin kamu merasa rumus-rumus matematika tersebut tidak
akan terpakai dalam kehidupan sehari-hari. Namun jangan salah, logika yang
digunakan untuk menyelesaikan soal matematika membentuk pola berpikir kamu.
Maka dari itu, tujuan Tes Numerik lebih dari sekadar
mengerjakan soal, ya.
Jenis-Jenis TPA Numerik
Tes Numerik berguna untuk menguji cara menyelesaikan masalah
berdasarkan logika dan penalaran. Bagian tes ini dibagi lagi menjadi lima
jenis.
- Soal cerita
Soal matematika disisipkan dalam bentuk cerita. Peserta
diminta menginterpretasikan cerita tersebut dalam bentuk angka, lalu
menyelesaikan permasalahan yang disediakan.
- Logika angka
Peserta diminta menalar persamaan angka dengan pilihan
jawaban yang logis.
- Seri huruf
Peserta diminta mengisi deret huruf yang rumpang berdasarkan
pola tertentu.
- Seri angka / Deret
Peserta diminta mengisi deret angka yang rumpang berdasarkan
pola tertentu.
- Hitungan / Aritmetika
Peserta diminta menyelesaikan operasi hitung, biasanya
disertai jebakan seolah-olah terlihat mudah.
Pengertian Kemampuan Numerik
Kemampuan Numerik Yaitu Kemampuan Khusus Dalam Hitung
Menghitung. Kemampuan Numerik Yaitu Kemampuan Memahami Hubungan Angka Dan
Memecahkan Masalah Yang Berhubungan Dengankonsep-Konsep Bilangan. Jadi
Kemampuan Numerik Yaitu Kemampuan Berhitung, Kemampuan Menalar Angka-Angka,
Menggunakan Atau Memanipulasi Relasi Angka Dan Menguraikan Secara Logis.
Menurut Davis Kemampuan Adalah Karakteristik Stabil Yang Berkaitan Dengan Kemampuan Maksimal Fisik Dan Mental Seseorang, Dan Menurut Robbins Kemampuan Merupakan Suatu Kapasitas Individu Untuk Mengerjakan Berbagai Tugas Dalam Suatu Pekerjaan. Sedangkan Numerik Adalah Semua Hal Yang Berwujud Nomor Atau Angka Yang Bersifat Sistem Angka, Data Statistik Atau Data Yang Membutuhkan Pengelolaan Yang Cermat. Istilah Penalaran Numerik, Bakat Numerik Dan Kecerdasan Numerik Sering Digunakan Secara Bergantian Dengan Kemampuan Numerik. Menurut Robbins Salah Satu Dari Lima Dimensi Kemampuan Intelektual Adalah Kecerdasan Numerik, Yang Diartikan Sebagai Kemampuan Untuk Berhitung Dengan Cepat Dan Tepat.
Richar Pauli Mengatakan Bahwa Kemampuan Numerik Adalah Pemahaman Dan Nalar Dibidang Yang Berkaitan Dengan Angka-Angka. Sedangkan Menurut Dandy Kemampuan Numerik Adalah Kemampuan Dalam Hal Hitungan Angka-Angka Untuk Mengetahui Seberapa Baik Seseorang Dapat Memahami Ide-Ide Dan Konsepkonsep Yang Dinyatakan Dalam Bentuk Angka Serta Seberapa Mudah Seseorang Dapat Berfikir Dan Menyelesaikan Masalah Dengan Angka-Angka.
Berbeda Dengan Howard Gardner Menyebut Kemampuan Numerik Dengan Bakat Numerik, Yaitu: Kecerdasan Dalam Menggunakan Angka-Angka Dan Penalaran. Kecerdasan Ini Meliputi Bidang Sains, Mengklasifikasikan Dan Mengkategorikan Informasi, Berfikir Dengan Konsep Abstrak Untuk Menemukan Hubungan Berbagai Hal Dan Memecahkan Masalah Secara Logis Terutama Dalam Memanipulasi Angka.
Seseorang Yang Mempunyai Kecerdasan Numerik, Pada Umumnya Mempunyai Cara Berfikir Yang Teratur Dalam Mengerjakan Sesuatu Dan Menyelesaikan Masalah. Hal Tersebut Disebabkan Karena Kecerdasan Numerik Mempunyai Komponen Khas, Yaitu Kepekaan Serta Kemampuan Untuk Membedakan Pola Bilangan Atau Angka Dan Kemampuan Menangani Rangkaian Penalaran Panjang.
Pertanyaaan Tes Keamampuan Numerik Bertujuan Untuk Mengukur Pemahaman Tentang Hal-Hal Seperti Nomor Urut, Transformasi Numerik, Hubungan Antara Angka Dan Kemampuan Untuk Melakukan Perhitungan Numerik. Tes Kemampuan Penalaran Numerik Mengharuskan Untuk Mengintepretasikan Informasi Yang Diberikan Dan Kemudin Menerapkan Logika Yang Tepat Untuk Menjawab Pertanyaan.
Butir-Butir Soal Tes Kemampuan Numerik Dirancang Untuk Mengungkap Pemahaman Relasi Angka Dan Mempermudah Dalam Menangani Konsep-Konsep Menurut Angka. Masalah-Masalah Disusun Dalam Tipe Soal Yang Biasanya Disebut Perhitungan Aritmatik Apa Yang Disebut Tes Aritmatik. Ini Didorong Oleh Adanya Suatu Keinginan Untuk Menghindari Unsur-Unsur Bahasa Yang Biasanya Berupa Masalah Penalaran Aritmatik, Di Mana Kemampuan Membaca Memiliki Peran Yang Sangat Berarti. Bentuk Perhitungan Memberikan Keuntungan Sehingga Tidak Akan Merugikan Sebagai Suatu Kemampuan Angka.
Hal Ini Tampak Dengan Jelas Dari Pemeriksaan Butir-Butir Soal Yang Mengungkap Kemampuan Penalaran. Dengan Demikian Beberapa Soal Memerlukan Pemahaman Relasi Dengan Angka, Meskipun Perhitungannya Sangat Sederhana, Tetapi Sama Rumitnya Dengan Soal Yang Disusun Dalam Hubungan Verbal.
Jenis bilangan berpola
Sekarang kita akan upgrade ilmu tentang pola yang ada dalam bilangan. Ada banyak macam atau jenis contoh pola bilangan. Di antaranya adalah:
- PB ganjil
- PB genap
- PB persegi
- PB persegi panjang
- PB dua tingkat, dll.
Keterangan: PB adalah singkatan untuk pola bilangan.
Intinya, pola ini biasanya digunakan dalam mencari pola
barisan bilangan dan pola deret bilangan secara sederhana.
Dalam kesempatan kali ini akan membahas jenis-jenis pola
bilangan tersebut secara ringkas disertai dengan rumus, contoh soal, dan
pembahasannya.
- Pengertian pola barisan bilangan ganjil
Pengertian pola barisan bilangan ganjil yaitu sebuah pola
yang terbentuk dari barisan bilangan ganjil. Sementara kita tahu, barisan
ganjil sendiri memiliki pengertian sebagai sebuah bilangan asli yang tidak
habis dibagi dengan 2.
Barisan bilangan ganjil dapat dituliskan:
1, 3, 5, 7, 9, 11, …
Rumus pola bilangan dari barisan bilangan ganjil
Berikut ini adalah cara mencari rumus pola bilangan dari
barisan bilangan ganjil:
Rumus pola dari bilangan ganjil adalah Un = 2n – 1 dengan
suku pertamanya adalah 1.
- Pengertian pola barisan bilangan genap
Pola bilangan genap adalah suatu susunan bilangan yang dapat
membentuk bilangan genap secara teratur. Pola dari bilangan genap biasanya juga
loncat satu bilangan.
Selanjutnya, berikut ini adalah pengertian bilangan genap
dan contohnya:
Bilangan genap adalah bilangan yang terdiri dari anggota
bilangan cacah yang habis dibagi dengan 2.
Contoh bilangan genap adalah: 0, 2, 4, 6, 8, …
Contoh barisan bilangan genap adalah: 2, 4, 6, 8, …
Pola barisan genap dimulai dengan 2 karena nilai n dimulai
dari 1 bukan 0.
Rumus pola bilangan dari barisan bilangan genap
Berikut adalah gambar dan rumus untuk mencari pola dari
bilangan genap:
Rumus untuk mencari pola dari bilangan genap adalah Un = 2n
dengan n dimulai dari 1.
- Pengertian pola persegi dari sebuah bilangan
Pola persegi adalah sebuah pola dari kumpulan bilangan yang
bila digambarkan bisa membentuk persegi.
Contoh pola persegi adalah barisan 1, 4, 9, 16, …
Seperti menghitung luas persegi, untuk mendapatkan bilangan
di atas, kita tinggal mengalikan jumlah bola di bagian garis mendatar dan
jumlah bola di bagian garis yang menurun. Misalnya untuk suku kedua kita perlu
mengalikan 2 x 2 = 4. Jadi, suku kedua pola persegi adalah 4
Rumus pola persegi
Karena barisannya adalah 1, 4, 9, 16, … kita bisa menemukan
polanya adalah sebagai berikut:
Rumus pola persegi Un = n2 dengan suku pertamanya adalah 1.
- Pengertian pola persegi panjang
Pola persegi panjang adalah suatu urutan atau susunan
bilangan dengan pola tertentu yang jika digambarkan dapat membentuk persegi
panjang.
Perbedaan mendasar pola persegi dan pola persegi panjang
adalah pembentukan bilangan dalam sebuah gambar. Kalau pola persegi membentuk
gambar persegi. Kalau pola persegi panjang jelas membentuk persegi panjang.
Contoh barisan bilangan dengan pola persegi panjang adalah:
2, 6, 12, 20, …
Rumus pola persegi panjang
Rumus pola bilangan yang membentuk persegi panjang adalah:
Rumus suku ke-n bilangan berpola persegi panjang adalah Un =
n (n+1) dengan suku pertamanya adalah 2.
Contoh Soal Numerik
1. Deret 222 225 227 220 232 215 237 ..........selanjutnya
A. 242
B. 235
C. 210
D. 200
E. 243
2. Deret -54 45 -43 55 -32 66 -21 78 ........selanjutnya
A. 10
B. 100
C. -11
D. 12
E. -10
3. Deret 10 88 100 44
1000 22 10000 ...... selanjutnya
A. 100000
B. 999
C. 111
D. 11
E. 66
4. Deret 248 220 124
110 62 55 .......selanjutnya
A. 25
B. 31
C. 30
D. 26
E. 90
5. Deret huruf C E H L ........selanjutnya adalah
A. Q
B. R
C. S
D. P
E. O
Pilih satu jawaban yang paling tepat.
6. 3, 9, 27, 81, ….
A.90
B.162
C.225
D.224
E.100
7. 100, 95, 85, 70, 50, ….
A.25
B.55
C.75
D.100
E.125
8. 60, 7, 30, 21, 10, 84, ..., 420
A.22
B.352
C.440
D.448
E.2,5
9. Contoh Soal Tes Potensi Akademik Numerik Dan
Pembahasannya
Perbandingan uang ahmad dan roni adalah 4 : 7. Jika selisih
uang RP. 180.000,00, maka jumlah uang mereka adalah...
a. Rp440.000,00
b. Rp550.000,00
c. Rp660.000,00
d. Rp770.000,00
10. Contoh Soal Tes Potensi Akademik Numerik Dan
Pembahasannya
Dalam sebuah peta dengan skala 1 : 200.000, Jarak kota A ke
kota B 20cm dan jarak kota D ke kota C 45cm, Selisih jarak sebenarnya adalah...
a. 25km
b. 50km
c. 75km
d. 65km
11. Contoh Soal Tes Potensi Akademik Numerik Dan
Pembahasannya
Suatu perjalanan memerlukan waktu 4 jam 30 menit bila
ditempuh dengan kecepatanr rata-rata 60km per jam. Bila ditempuh dengan
kecepatan rata-rata 50km per jam maka waktu yang diperlukan adalah...
a. 4 jam 50 menit
b. 5 jam 12 menit
c. 5 jam 20 menit
d. 5 jam 24 menit
12. Contoh Soal Tes Potensi Akademik Numerik Dan
Pembahasannya
Agus menabung dibank sebesar RP20.000.000,00 selama bulan uangnya menjadi Rp20.600.000,00. Besar
suku bungan pertahun yang ditetapkan adalah...
a. 9%
b.10%
c. 12%
d. 15%
13. Contoh Soal Tes Potensi Akademik Numerik Dan
Pembahasannya
Jumlah bilangan kelipatan 12 antara 100 dan 300 adalah...
a. 3.069
b. 3.169
c. 3.906
d. 4.782
14. Contoh Soal Tes Potensi Akademik Numerik Dan
Pembahasannya
Batu bermassa 4kg jatuh dari ketinggian 15m dari tanah. Jika
percepatan gravirasi 10m/s2, energi kinetik batu pada saat sampai ditanah...
a. 60J
b. 150J
c. 400J
d. 600J
15. Contoh Soal Tes Potensi Akademik Numerik Dan
Pembahasannya
Doni meniup peluit didepan tebing yang jaraknya 85meter.
Jika bunyi pantul terdengar 0,5 sekon setelah bunyi asli, maka cepat rambat
bunyi di udara saat itu adalah...
a. 170m/s
b. 320m/s
c. 340m/s
d. 400m/s
No comments:
Post a Comment