Friday, June 19, 2020

Contoh Soal Tes Potensi Akademik Numerik Dan Pembahasannya

Contoh Soal Tes Potensi Akademik Numerik Dan Pembahasannya

 

Apa itu TPA Numerik?

Numerik adalah bagian dari tes potensi akademik (TPA) yang digunakan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam memahami, menganalisis, dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan angka.

Mungkin kamu merasa rumus-rumus matematika tersebut tidak akan terpakai dalam kehidupan sehari-hari. Namun jangan salah, logika yang digunakan untuk menyelesaikan soal matematika membentuk pola berpikir kamu.

 

Maka dari itu, tujuan Tes Numerik lebih dari sekadar mengerjakan soal, ya.

 

Jenis-Jenis TPA Numerik

 

Tes Numerik berguna untuk menguji cara menyelesaikan masalah berdasarkan logika dan penalaran. Bagian tes ini dibagi lagi menjadi lima jenis.

 

  • Soal cerita

Soal matematika disisipkan dalam bentuk cerita. Peserta diminta menginterpretasikan cerita tersebut dalam bentuk angka, lalu menyelesaikan permasalahan yang disediakan.

 

  • Logika angka

Peserta diminta menalar persamaan angka dengan pilihan jawaban yang logis.

 

  • Seri huruf

Peserta diminta mengisi deret huruf yang rumpang berdasarkan pola tertentu.

 

  • Seri angka / Deret

Peserta diminta mengisi deret angka yang rumpang berdasarkan pola tertentu.

 

  • Hitungan / Aritmetika

Peserta diminta menyelesaikan operasi hitung, biasanya disertai jebakan seolah-olah terlihat mudah.


Pengertian Kemampuan Numerik

Kemampuan Numerik Yaitu Kemampuan Khusus Dalam Hitung Menghitung. Kemampuan Numerik Yaitu Kemampuan Memahami Hubungan Angka Dan Memecahkan Masalah Yang Berhubungan Dengankonsep-Konsep Bilangan. Jadi Kemampuan Numerik Yaitu Kemampuan Berhitung, Kemampuan Menalar Angka-Angka, Menggunakan Atau Memanipulasi Relasi Angka Dan Menguraikan Secara Logis.

Menurut Davis Kemampuan Adalah Karakteristik Stabil Yang Berkaitan Dengan Kemampuan Maksimal Fisik Dan Mental Seseorang, Dan Menurut Robbins Kemampuan Merupakan Suatu Kapasitas Individu Untuk Mengerjakan Berbagai Tugas Dalam Suatu Pekerjaan. Sedangkan Numerik Adalah Semua Hal Yang Berwujud Nomor Atau Angka Yang Bersifat Sistem Angka, Data Statistik Atau Data Yang Membutuhkan Pengelolaan Yang Cermat. Istilah Penalaran Numerik, Bakat Numerik Dan Kecerdasan Numerik Sering Digunakan Secara Bergantian Dengan Kemampuan Numerik. Menurut Robbins Salah Satu Dari Lima Dimensi Kemampuan Intelektual Adalah Kecerdasan Numerik, Yang Diartikan Sebagai Kemampuan Untuk Berhitung Dengan Cepat Dan Tepat.

Richar Pauli Mengatakan Bahwa Kemampuan Numerik Adalah Pemahaman Dan Nalar Dibidang Yang Berkaitan Dengan Angka-Angka. Sedangkan Menurut Dandy Kemampuan Numerik Adalah Kemampuan Dalam Hal Hitungan Angka-Angka Untuk Mengetahui Seberapa Baik Seseorang Dapat Memahami Ide-Ide Dan Konsepkonsep Yang Dinyatakan Dalam Bentuk Angka Serta Seberapa Mudah Seseorang Dapat Berfikir Dan Menyelesaikan Masalah Dengan Angka-Angka.

Berbeda Dengan Howard Gardner Menyebut Kemampuan Numerik Dengan Bakat Numerik, Yaitu: Kecerdasan Dalam Menggunakan Angka-Angka Dan Penalaran. Kecerdasan Ini Meliputi Bidang Sains, Mengklasifikasikan Dan Mengkategorikan Informasi, Berfikir Dengan Konsep Abstrak Untuk Menemukan Hubungan Berbagai Hal Dan Memecahkan Masalah Secara Logis Terutama Dalam Memanipulasi Angka.

Seseorang Yang Mempunyai Kecerdasan Numerik, Pada Umumnya Mempunyai Cara Berfikir Yang Teratur Dalam Mengerjakan Sesuatu Dan Menyelesaikan Masalah. Hal Tersebut Disebabkan Karena Kecerdasan Numerik Mempunyai Komponen Khas, Yaitu Kepekaan Serta Kemampuan Untuk Membedakan Pola Bilangan Atau Angka Dan Kemampuan Menangani Rangkaian Penalaran Panjang.

Pertanyaaan Tes Keamampuan Numerik Bertujuan Untuk Mengukur Pemahaman Tentang Hal-Hal Seperti Nomor Urut, Transformasi Numerik, Hubungan Antara Angka Dan Kemampuan Untuk Melakukan Perhitungan Numerik. Tes Kemampuan Penalaran Numerik Mengharuskan Untuk Mengintepretasikan Informasi Yang Diberikan Dan Kemudin Menerapkan Logika Yang Tepat Untuk Menjawab Pertanyaan.

Butir-Butir Soal Tes Kemampuan Numerik Dirancang Untuk Mengungkap Pemahaman Relasi Angka Dan Mempermudah Dalam Menangani Konsep-Konsep Menurut Angka. Masalah-Masalah Disusun Dalam Tipe Soal Yang Biasanya Disebut Perhitungan Aritmatik Apa Yang Disebut Tes Aritmatik. Ini Didorong Oleh Adanya Suatu Keinginan Untuk Menghindari Unsur-Unsur Bahasa Yang Biasanya Berupa Masalah Penalaran Aritmatik, Di Mana Kemampuan Membaca Memiliki Peran Yang Sangat Berarti. Bentuk Perhitungan Memberikan Keuntungan Sehingga Tidak Akan Merugikan Sebagai Suatu Kemampuan Angka.

Hal Ini Tampak Dengan Jelas Dari Pemeriksaan Butir-Butir Soal Yang Mengungkap Kemampuan Penalaran. Dengan Demikian Beberapa Soal Memerlukan Pemahaman Relasi Dengan Angka, Meskipun Perhitungannya Sangat Sederhana, Tetapi Sama Rumitnya Dengan Soal Yang Disusun Dalam Hubungan Verbal.


Jenis bilangan berpola

Sekarang kita akan upgrade ilmu tentang pola yang ada dalam bilangan. Ada banyak macam atau jenis contoh pola bilangan. Di antaranya adalah:

  • PB ganjil
  • PB genap
  • PB persegi
  • PB persegi panjang
  • PB dua tingkat, dll.

Keterangan: PB adalah singkatan untuk pola bilangan.

 

Intinya, pola ini biasanya digunakan dalam mencari pola barisan bilangan dan pola deret bilangan secara sederhana.

Dalam kesempatan kali ini akan membahas jenis-jenis pola bilangan tersebut secara ringkas disertai dengan rumus, contoh soal, dan pembahasannya.

  • Pengertian pola barisan bilangan ganjil

Pengertian pola barisan bilangan ganjil yaitu sebuah pola yang terbentuk dari barisan bilangan ganjil. Sementara kita tahu, barisan ganjil sendiri memiliki pengertian sebagai sebuah bilangan asli yang tidak habis dibagi dengan 2.

Barisan bilangan ganjil dapat dituliskan:

1, 3, 5, 7, 9, 11, …

Rumus pola bilangan dari barisan bilangan ganjil

Berikut ini adalah cara mencari rumus pola bilangan dari barisan bilangan ganjil:

Rumus pola dari bilangan ganjil adalah Un = 2n – 1 dengan suku pertamanya adalah 1.

 

  • Pengertian pola barisan bilangan genap

Pola bilangan genap adalah suatu susunan bilangan yang dapat membentuk bilangan genap secara teratur. Pola dari bilangan genap biasanya juga loncat satu bilangan.

Selanjutnya, berikut ini adalah pengertian bilangan genap dan contohnya:

Bilangan genap adalah bilangan yang terdiri dari anggota bilangan cacah yang habis dibagi dengan 2.

Contoh bilangan genap adalah: 0, 2, 4, 6, 8, …

Contoh barisan bilangan genap adalah: 2, 4, 6, 8, …

Pola barisan genap dimulai dengan 2 karena nilai n dimulai dari 1 bukan 0.

Rumus pola bilangan dari barisan bilangan genap

Berikut adalah gambar dan rumus untuk mencari pola dari bilangan genap:

Rumus untuk mencari pola dari bilangan genap adalah Un = 2n dengan n dimulai dari 1.

 

  • Pengertian pola persegi dari sebuah bilangan

Pola persegi adalah sebuah pola dari kumpulan bilangan yang bila digambarkan bisa membentuk persegi.

 

Contoh pola persegi adalah barisan 1, 4, 9, 16, …

Seperti menghitung luas persegi, untuk mendapatkan bilangan di atas, kita tinggal mengalikan jumlah bola di bagian garis mendatar dan jumlah bola di bagian garis yang menurun. Misalnya untuk suku kedua kita perlu mengalikan 2 x 2 = 4. Jadi, suku kedua pola persegi adalah 4

Rumus pola persegi

Karena barisannya adalah 1, 4, 9, 16, … kita bisa menemukan polanya adalah sebagai berikut:

Rumus pola persegi Un = n2 dengan suku pertamanya adalah 1.

 

  • Pengertian pola persegi panjang

Pola persegi panjang adalah suatu urutan atau susunan bilangan dengan pola tertentu yang jika digambarkan dapat membentuk persegi panjang.

Perbedaan mendasar pola persegi dan pola persegi panjang adalah pembentukan bilangan dalam sebuah gambar. Kalau pola persegi membentuk gambar persegi. Kalau pola persegi panjang jelas membentuk persegi panjang.

Contoh barisan bilangan dengan pola persegi panjang adalah: 2, 6, 12, 20, …

Rumus pola persegi panjang

Rumus pola bilangan yang membentuk persegi panjang adalah:

Rumus suku ke-n bilangan berpola persegi panjang adalah Un = n (n+1) dengan suku pertamanya adalah 2.


Contoh Soal Numerik




1. Deret 222 225 227 220 232 215 237 ..........selanjutnya

A. 242

B. 235

C. 210

D. 200

E. 243

 

2. Deret -54 45 -43 55 -32 66 -21 78 ........selanjutnya

A. 10

B. 100

C. -11

D. 12

E. -10

 

3.  Deret 10 88 100 44 1000 22 10000 ...... selanjutnya

A. 100000

B. 999

C. 111

D. 11

E. 66

 

4.  Deret 248 220 124 110 62 55 .......selanjutnya

A. 25

B. 31

C. 30

D. 26

E. 90

 

5. Deret huruf C E H L ........selanjutnya adalah

A. Q

B. R

C. S

D. P

E. O

 

Pilih satu jawaban yang paling tepat.

 

6. 3, 9, 27, 81, ….

 

A.90

B.162

C.225

D.224

E.100

 

7. 100, 95, 85, 70, 50, ….

 

A.25

B.55

C.75

D.100

E.125

 

8. 60, 7, 30, 21, 10, 84, ..., 420

A.22

B.352

C.440

D.448

E.2,5

 

9. Contoh Soal Tes Potensi Akademik Numerik Dan Pembahasannya

Perbandingan uang ahmad dan roni adalah 4 : 7. Jika selisih uang RP. 180.000,00, maka jumlah uang mereka adalah...

a. Rp440.000,00

b. Rp550.000,00

c. Rp660.000,00

d. Rp770.000,00

 

10. Contoh Soal Tes Potensi Akademik Numerik Dan Pembahasannya

Dalam sebuah peta dengan skala 1 : 200.000, Jarak kota A ke kota B 20cm dan jarak kota D ke kota C 45cm, Selisih jarak sebenarnya adalah...

a. 25km

b. 50km

c. 75km

d. 65km

 

11. Contoh Soal Tes Potensi Akademik Numerik Dan Pembahasannya

Suatu perjalanan memerlukan waktu 4 jam 30 menit bila ditempuh dengan kecepatanr rata-rata 60km per jam. Bila ditempuh dengan kecepatan rata-rata 50km per jam maka waktu yang diperlukan adalah...

a. 4 jam 50 menit

b. 5 jam 12 menit

c. 5 jam 20 menit

d. 5 jam 24 menit

 

12. Contoh Soal Tes Potensi Akademik Numerik Dan Pembahasannya

Agus menabung dibank sebesar RP20.000.000,00 selama  bulan uangnya menjadi Rp20.600.000,00. Besar suku bungan pertahun yang ditetapkan adalah...

a. 9%

b.10%

c. 12%

d. 15%

 

13. Contoh Soal Tes Potensi Akademik Numerik Dan Pembahasannya

Jumlah bilangan kelipatan 12 antara 100 dan 300 adalah...

a. 3.069

b. 3.169

c. 3.906

d. 4.782

 

14. Contoh Soal Tes Potensi Akademik Numerik Dan Pembahasannya

Batu bermassa 4kg jatuh dari ketinggian 15m dari tanah. Jika percepatan gravirasi 10m/s2, energi kinetik batu pada saat sampai ditanah...

a. 60J

b. 150J

c. 400J

d. 600J

 

15. Contoh Soal Tes Potensi Akademik Numerik Dan Pembahasannya

Doni meniup peluit didepan tebing yang jaraknya 85meter. Jika bunyi pantul terdengar 0,5 sekon setelah bunyi asli, maka cepat rambat bunyi di udara saat itu adalah...

a. 170m/s

b. 320m/s

c. 340m/s

d. 400m/s

No comments:

Post a Comment

S1 Bappenas Tpa Contoh Soal

Dalam test tpa oto bappenas score terendah adalah 200 dan tertinggi 800. agar dapat lulus tpa peserta harus memiliki nilai minimal 500. tida...